Jumat, 09 Maret 2012

Games dan Pengaruhnya Terhadap Anak-anak

Bermain game adalah hobi dari hampir seluruh anak di dunia, tak heran jika banyak orang tua yang mengeluh saat anak-anak mereka menjadi pecandu game. Apalagi saat ini internet sudah sangat berkembang, sudah ada berbagai jenis game online yang dapat dimainkan secara gratis. Akibatnya membawa pengaruh terhadap prestasi anak.

Game online mempunyai sifat yang adiktif atau candu, sehingga jika seseorang sudah mulai mengenal maka biasanya akan terpengaruh. Dan anak sekolah adalah salah satu kelompok yang terkena dampak game online ini. Waktu istirahat yang seharusnya digunakan untuk menrilekskan anggota tubuh, biasanya cendrung digunakan untuk bermain game.

Walaupun hanya sekedar duduk , tapi bermain game online mmembutuhkan konsentrasi dan itu cukup menguras energy, dan syaraf pun lebih cepat kaku dan tidak rileks. Akibatnya saat seorang anak harus belajar, maka mereka pun sudah tidak dapat berkonsentrasi dengan baik karena sudah terkuras saat bermain game online.

Oleh karena itu, peran orang tua sangat lah dibutuhkan untuk mengatur jadwal bermain dan belajar anak. Jangan terlalu mengekang jangan juga terlalu membiarkan. Bimbinglah anak anda dengan porsi yang tepat. Tetap konsentrasi dalam belajar dan tetap menyenangkan saat bermain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar