Rabu, 07 Maret 2012

" Dampak Positif Game di Dunia Pendidikan "


Selama ini teknologi games dipandang oleh sebagian orang memiliki pengaruh yang cukup buruk, terutama dikalangan pelajar. Kenapa begitu? Sering kita dengar bahwa, anak-anak sekolah mau membolos hanya untuk bermain games seharian penuh, atau banyak murid sekolah yang lebih mendahulukan bermain games daripada mengerjakan pekerjaan rumah mereka. Tapi tahukah kita bahwa teknologi games ternyata memiliki dampak yang positif untuk dunia pendidikan?

Fahma Waluya Rosmansyah adalah seorang pelajar kelas 2 SMPN 2 Bandung menciptakan sebuah terobosan menarik dalam dunia games, yaitu membuat aplikasi game pemberantasan korupsi untuk iPad. Games yang di demontrasikan secara resmi di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada tanggal 3 Februari 2012 ini diberi nama ‘Raid the Mice’.


Di dalam games ini, ada dua tokoh : robot dan tikus. Robot adalah jagoan pemberantas koruptor. Sedangkan tikus itu sendiri adalah koruptor-koruptor yang mencuri uang. Tugas robot (kita sebagai pemain game) adalah memburu tikus atau koruptor itu. Dalam demonstrasi tersebut, pada sisi kanan terlihat tikus-tikus berperut buncit dan berdasi membawa uang. Sementara pada sisi kiri layar sudah berdiri robot yang siap memberantas tikus dengan bola tenis dalam jumlah yang banyak.


Jika kita memenangkan permainanan ini, kita akan melihat tampilan akhir robot yang mengangkat kedua tangannya dan dikelilingi empat pusara tikus. Namun jika kita kalah , pemain akan menyaksikan robot terkapar dengan bola tennis berserakan disekitarnya
.

Game ciptaan Fahma mungkin masih sederhana, tapi ini merupakan sebuah bukti bahwa teknologi game juga dapat memberikan dampak positif dalam dunia pendidikan. Dan saat saya bertanya kepada sebagian teman-teman IT dikampus, kebanyakan dari mereka memilih untuk melanjutkan sekolah hingga perguruan tinggi dan mengambil jurusan informatika, agar dapat menciptakan atau mengembangkan sebuah game seperti yang biasa mereka mainkan sejak jaman di sekolah dasar.

Sumber gambar : Google.com
Sumber tulisan : Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar