Jumat, 15 Oktober 2010

Live Streaming






Pernahkah kalian menonton sebuah tayangan acara live pada jaringan internet? Akan tetapi acara itu tidak akan bisa kita tonton kembali sama hal nya ketika kita menonton acara live di stasiun televisi.

Ya!! “Live Streaming”! pasti kalian sudah mengenal 2 kata tersebut.

Live streaming adalah tayangan langsung yang di-broadcast kepada banyak orang (viewers) dalam waktu yang bersamaan dengan kejadian aslinya,  melalui media data komunikasi (network) baik yang terhubung dengan cable atau wireless.

Semakin maju nya teknologi di zaman sekarang menjadikan manusia berpikir lebih dan lebih lagi dalam segala hal, termasuk dalam dunia internet. Dan Streaming media adalah contoh kecilnya.
Streaming menawarkan pendekatan baru untuk media di Internet. Dimana User tidak perlu menunggu sampai file selesai semua di download kemudian baru bisa dimainkan. Streaming Media dapat dimainkan ketika file media sedang ditransfer. Data yang ditransfer melalui Internet dimainkan kemudian dibuang .

Dan kelebihan streaming adalah kita dapat menggunakannya untuk live-broadcast. Dimana merekam suatu peristiwa(berita,talkshow,dsb) saat itu juga kemudian meng-code filenya. Lalu mengirimkan stream file tersebut ke server,dan Server pun akan mem-broadcast stream ke penonton / user. Dan yang pasti adalah membutuhkan lebih banyak bandwith karena orang pasti menonton secara bersamaan.

Nah suatu ketika, iseng-iseng ngeliat live streaming punya Tvone.co.id. aduhh, mantep banget deh tu sreaming-an nya, ga pake acara ngadet-ngadet, mengingat bahwa kecepatan internet saya yang cukup lambat, ohohohoho…beda banget sama youtube.com dan liputan6.com. mantep deh. Lalu Saya tes dengan menyaksikan langsung lewat televise, dan itu beneran live streaming, mungkin hanya berbeda beberapa detik dari tayangan aslinya. Tapi yang pasti keren banget lah.


Timbullah pertanyaan besar diotak saya, “PAKE TEKNOLOGI APAAN NIH??”..
Ternyata Tvone yang bekerjasama dengan kompas.tv menggunakan teknologi IPTV.
IPTV (Internet Protocol Television) adalah suatu layanan televisi digital yang memanfaatkan IP (Internet Protocol) melalui infrastruktur jaringan broadband .
IPTV meliputi baik TV live ( multicasting ) serta video yang tersimpan (video-on-Demand, atau VoD). Pemutaran IPTV dibutuhkan baik untuk sebuah komputer pribadi atau set-top-box dihubungkan ke TV. Konten video biasanya dikompresi baik menggunakan MPEG-2 atau MPEG-4 codec dan kemudian dikirim dalam transport stream MPEG yang disampaikan melalui IP Multicast dalam kasus live TV atau melalui IP Unicast dalam kasus video on demand. multicast IP adalah metode di mana informasi dapat dikirim ke banyak komputer pada waktu yang sama. H.264 (MPEG-4) codec semakin digunakan untuk menggantikan MPEG-2 codec yang lebih tua. (ngutip dari Wikipedia,hehehe)

Jaringan LAN (Local Area Networking) untuk melayani client dalam jaringan local tersebut ,Sudah banyak dimanfaatkan perusahaan dan institusi pendidikan memanfaatkan teknologi ini sebagai media informasi dan hiburan. Untuk dapat menikmati layanan ini, kita sudah harus terlebih dahulu mengintergrasikan flash player ke dalam browser kita. nih silakan download jika kalian belum mempunyai Flash Player

            Adobe Flash Player adalah perangkat lunak untuk melihat animasi dan film menggunakan program komputer seperti browser web.

Dan saya pun berharap untuk semua stasiun televise menggunakan teknologi ini, supaya mengirit pengeluaran untuk beli televise bagi yang sudah mempunyai internet dirumah hehehhee…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar