Rabu, 16 Februari 2011

..WEB..


Web?

Asing kah di telinga kalian dengan kata ‘WEB’ diatas? Tidak dapat dipungkiri, hampir semua orang akrab dengan satu kata diatas, apalagi untuk kita yang hobi mondar-mandir di dunia maya. Dalam keseharian kita pasti membutuhkan sesuatu yang berbau informasi. Dan hampir semua orang mencari informasi melalui internet.

WWW sering kali disamakan dengan internet secara keseluruhan, padahal sebenarnya WWW adalah bagian daripadanya. Lalu apakah arti sebenarnya dari kata World Wide Web atau yang biasa disebut dengan web?

World Wide Web (disingkat sebagai WWW atau Web) adalah suatu ruang informasi yang yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI) untuk mengidentifikasi sumber-sumber daya yang berguna.

Sejarah


Tim berners-Lee pada tahun 1991 menemukan suatu program yang diberi nama WWW. Berawal untuk mengembangkan suatu system untuk keperluan pribadinya yaitu ingin menemukan suatu cara untuk menyusun arsip-arsipnya.

System itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Equire. Melalui program itu, tim Berners-Lee berhasil menemukan jaringan terkait antara berbagai arsip sehingga memudahkan informasi yang dibutuhkan. Dan inilah yang kemudian menjadi dasar dari sebuah revolusi yang sekarang kita kenal dengan web.

Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa(CERN), Jenewa, Swiss, WWW pertama kali dikembangkan. Dan pada tahun 1989 Berners -lee membuat proposal untuk pembuatan hypertext secara global, kemudian ‘Worl Wide Web’ sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN pada bulan Oktober 1990. Dan pada musim panas tahun 1991, WWW resmi digunakan secara luas pada jaringan internet.  

Perkembangan Teknologi Web


Seiring dengan waktu, perkembangan teknologi web pun meledak. Dari yang hanya berfungsi sebagai sarana bertukar informasi tetapi juga menjadi aplikasi sistem informasi berbasis web. Dari sisi jumlah pun mengalami perkembangan, dari yang bejumlah hanya ribuan kini mencapai jutaan bahkan milyaran.


Kemudian untuk web browser dimana biasanya menjadi media berselancar pun ikut berkembang. Dari hanya intenet explorer (aplikasi mengakses web melalui computer) yang sangat popular waktu itu berkembang menjadi mozilla firefox, google chrome, safari, opera dan sebagainya.


Salah satu bentuk bagian perkembangan sejarah web, lahir definisi web pada akhir tahun 90-an, yaitu yang disebut web 2.0. Web 2.0 ini didefinisikan sebagai web yang berfungsi kolaboratif, informatif, dengan tujuan membuat pengguna semakin dekat, salah satu cirinya ditandai dengan hadirnya wiki, blog, social network.


Kemudahan dalam mengakses web pun sekarang kita sudah sangat bisa rasakan, dimana jika dahulu kita hanya bisa mengaksesnya melalui computer, sekarang dengan mudah kita bisa menjangkaunya lewat segala sesuatu yang berbais mobile. Seperti, laptop, netbook, smartphone hingga handphone. Dengan semua kenyataan itu, membuat web semakin menjadi bagian dari kebutuhan hidup masyarakat secara luas.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar